Hi there.. welcome to my blog have a nice reading :)
Home » » Bayi kembar 5 dari Inseminasi

Bayi kembar 5 dari Inseminasi

Written By Windi on Monday, October 5, 2015 | 8:34 AM

Bayi kembar 5 dari Inseminasi




Bayi kembar lima hasil dari inseminasi lahir di Rumah Sakit Umum dr Soetomo Surabaya, Jumat 19 Juni 2015. Bayi berjenis kelamin empat perempuan dan satu laki-laki itu, terlahir selamat meski dalam kondisi prematur merupakan anak dari pasangan Hari Saputra, 32 tahun dan Nia Rachmawati, 31 tahun, warga komplek perumahan TNI AL Kenjeran, Surabaya.

Menurut penuturan dokter yang menangani persalinan ini, dr Relly Yanuari Primariawan SpO, lima bayi ini merupakan hasil inseminasi di Klinik Fertilitas yang ada di Graha Amerta RSU dr Soetomo Surabaya. Dalam proses inseminasi, sperma yang ditanamkan sebanyak empat, tapi ternyata jadi lima bayi kembar.

Dengan operasi caesar, bayi pertama berjenis kelamin laki-laki lahir pada Jumat 19 juni 2015 pukul 8.29 Wib. Lalu, berjarak dua menit lagi, lahirlah empat bayi berikutnya secara berurutan yang berjenis kelamin perempuan. Relly mengatakan, usia kandungan ibu kelima bayi, saat melahirkan adalah 7 bulan 2 minggu. Rencananya, sesuai perhitungan medis kelahiran baru bisa dilakukan di usia kandungan 8,5 bulan. “Karena kondisi ibu bayi mengkhawatirkan, maka kami putuskan untuk operasi,” terangnya.

Martono mengatakan, lima bayi akan mendapatkan perawatan ekstra diperkirakan sampai 2-3 bulan kedepan., ada tahapan untuk meneliti perkembangannya. Diantaranya, untuk rotasi pertama adalah usia 0 sampai 7 hari. Lalu, taraf stabil itu jika sudah 28 hari. Barulah rotasi ketiga sampai dua bulan.

“Berat badan bayi paling tidak harus 2 kilogram sampai 2,5 kilogram. Untuk nutrisi, diberikan melalui Infus dan minum Asi,” katanya.

Adapun yang menangani persalinan adalah dr Relly Yanuari Primariawan SpOG. Dan kelima dokter yang menangani masing-masing bayi adalah dr Martono SpAK, dr Achmad Yanuar Heryana SpA, dr Dina SpA, dr Yuri SpA dan dr Barlian SpA. Kasus bayi kembar lima ini merupakan kejadian pertama kali di tangani oelh RSUD dr Soetomo Surabaya.




Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Tips Hamil - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger